Toyota Supra Bakal Punya Transmisi Manual

 

Toyota Supra Bakal Punya Transmisi Manual





Sebagai pemain utama di pasar roda empat tanah air PT Toyota Astra Motor (TAM) menyediakan beragam model untuk sejumlah segmen kendaraan. Mulai dari LCGC hingga mobil niaga Dyna.

Salah satu yang termahal adalah lini mobil sports Toyota, seperti GR Yaris, FT 86 dan Toyota Supra. Model yang terakhir diperkenalkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 sebagai flagship sportscar Toyota di Indonesia.

Hingga saat ini, mobil sport itu belum mendapatkan penyegaran dalam bentuk apapun.

Di luar Indonesia, Toyota Supra sempat mendapatkan improvement. Mobil sports legendaris ini mendapatkan rombakan dari segi sasis dan fitur. Namun update utama pada mobil ini terletak pada mesinnya yang menghasilkan 382 hp, naik dari 335 hp.


Transmisi baru




Setelah menerima uprgrade dari segi performa, Toyota beralih fokus untuk menjawab keinginan dari para pegiat mobil sports. Pasalnya Toyota Supra hinga saat ini hanya tersedia dengan transmisi otomatis.

Hal ini bertolak belakang dengan para pecinta mobil sports yang menyukai driving engagement, salah satunya mengganti gigi secara manual.

Untuk memenuhi permintaan dari para pegiat otomotif, Toyota baru-baru ini meluncurkan New Toyota Supra dengan transmisi manual. Melansir carscoops.com, Kamis (28/4/2022), transmisi baru ini hanya akan tersedia dengan mesin 3.000cc saja.

Pemasangan transmisi manual dilakukan dengan upaya untuk mengurangi berat mobil. Lantas, dengan bobot mobil lebih ringan, rasa berkendara menjadi lebih baik dan konsumsi BBM berkurang.





Untuk mengawinkan girboks baru ini dengan jantung pacu bawaannya, Toyota harus mengubah sejumlah bagian mesin.

"Tim engineer kami memodifikasi housingdriveshafts dan gear set yang digunakan pada transmisi sebelumnya, serta mengurangi barang-barang yang tidak dibutuhkan, seperti acoustic package yang dapat mengurangi bobot," kata Toyota.

Tidak hanya itu girboks manual ini mempunyai final drive ratio yang lebih pendek untuk meningkatkan akselerasi, serta mempunyai teknologi untuk meminimalisir hentakan saat upshift.



Perubahan lainnya




Toyota tidak sekadar mengganti transmisi. Pabrikan Jepang ini juga menyempurnakan Supra melalui tuning di bagian suspensi dan shock absorbers untuk meningkatkan kenyamanan dan pengendalian.

Sementara power steering mobil ini juga dikalibrasi ulang dan di roda belakang terdapat active rear differential.


Toyota juga memperkenalkan edisi khusus A91-MT pada peluncuran ini. Edisi spesial tersebut punya perbedaan dari versi standar, seperti warna khusus Matte White atau abu-abu, dan pelek khusus berukuran 19 inci.

Supra A91-MT juga mempunyai interior yang sedikit berbeda. Secara standar model ini dipasangkan jok kulit "Cognac", tuas transmisi dibalut Alcantara dan berlogo "GR", serta sistem audio premium buatan JBL dengan 12 speaker.

Dijual dalam jumlah terbatas, harga mobil ini akan diumumkan menjelang musim panas dan untuk sementara lebih dulu dipasarkan di Amerika Serikat.

Komentar